ARTIKEL BERITA

Pangarmatim Tanam 5.000 Mangrove Wonorejo Rungkut

26 November 2015 08:10:13

Pangarmatim Tanam 5.000 Mangrove Wonorejo Rungkut

Rungkut - Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto memimpin langsung penanaman 5.000 pohon Mangrove bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny Ina Darwanto dan 500 Prajurit Koarmatim dalam rangka Hari Armada 2015.

"Hal itu dilakukan Pangarmatim bersama Prajurit Koarmatim di Wisata Mangrove Wonorejo Rungkut Surabaya, Kamis (26/11), apalagi Indonesia menetapkan Hari Menanam Pohon Nasional pada setiap tanggal 28 November," kata Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman di Surabaya, Jumat.

Penananam pohon mangrove itu bertema "Melalui Momentum Hari Armada RI Tahun 2015, Mari Kita Jadikan sebagai Langkah untuk Memulihkan dan Melindungi Integritas Ekosistem sebagai Upaya Pemulihan Konservasi di wilayah Surabaya dan sekitarnya melalui Penanaman Bibit Pohon Bakau (Mangrove)".

Pangarmatim mengatakan keberadaan hutan mangrove sangatlah penting untuk dijaga kelestariannya, karena mangrove memiliki manfaat yang sangat penting, diantaranya mangrove mampu menahan ombak dan mencegah abrasi, sebagai tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis ikan dan  biota laut, serta mangrove berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam.

"Namun, populasi keberadaan hutan mangrove di beberapa daerah saat ini kondisinya cukup memprihatinkan, akibat pesatnya jumlah pertumbuhan penduduk yang menyebabkan wilayah kawasan mangrove di beberapa daerah telah direklamasi menjadi daratan dan dijadikan tempat hunian, selain eksploitasi yang berlebihan," katanya.

Oleh karena itu, Pangarmatim mengajak kepada seluruh Masyarakat, khususnya di kawasan ekosistem mangrove di Pamurbaya wilayah Wonorejo Rungkut Surabaya untuk turut serta memelihara dan menjaga pohon mangrove.