ARTIKEL BERITA

Kec. Rungkut Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban Dengan Fakultas Kedokteran Hewan Unair

22 September 2015 10:58:06

Kec. Rungkut Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban Dengan Fakultas Kedokteran Hewan Unair

Kecamatan Rungkut, Fakultas kedokteran Hewan Unair dan Dinas Pertanian Kota Surabaya mengintensifkan pemeriksaan hewan kurban yang dijual di sejumlah kawasan di Kota Pahlawan menjelang Hari Raya Idul Adha 1434 H.

Camat Rungkut Ridwan Mubarun mengatakan, pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan untuk mengetahui kondisi hewan tersebut. "Kami sudah melakukan inspeksi hewan kurban mulai Senin (21/9) dengan melibatkan sebanyak 16 dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair,". Ia khawatir jika tanpa pemeriksaan dari sejumlah hewan yang dijual terdapat hewan mengidap penyakit, di antaranya Penyakit Anthrax. "Kita hanya melihat yang dijual kondisinya sehat atau tidak.

Menurut Ridwan Mubarun, hingga saat ini belum diketemukan penyakit mematikan tersebut menjangkiti hewan di Rungkut. Namun, pemeriksaan terhadap hewan kurban bisa dilakukan berkali-kali, seiring pasokan hewan dari daerah. "Pantauan bisa berulang-ulang, karena beberapa kali datang," katanya.

Dari pemantauan Satpol PP Kec. Rungkut, hewan kurban yang dijualbelikan di Rungkut, kebanyakan berasal dari sekitar wilayah Jawa Timur seperti Madura, Trenggalek, Ponorogo, Kediri, dan Tuban.

Dari hasil sementara pemeriksaan di lapangan, pihaknya hanya menemukan beberapa hewan mengalami cacat. Ada yang lecet-lecet, saat pengiriman kena tanduk. Selain beberapa matanya sakit, karena saat pengiriman dihadapkan ke depan, semestnya ke belakang. Hewan kurban yang menderita sakit langsung mendapat penanganan medis dari Tim Dokter Hewan yang melakukan pemeriksaan.