Wisata Dan Lokasi Menarik

Ekowisata mangrove adalah suatu lembaga yang dibentuk oleh swadaya masyarakat Kelurahan Wonorejo dengan latar belakang mencegah  pembalakan pohon mangrove secara besar besaran yang dialih fungsikan menjadi tambak dan pohonnya dipakai kayu bakar. Letaknya disebelah timur desa Wonorejo Kecamatan Rungkut.  Ekowisata yaitu suatu bentuk kegiatan wisata yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Wisata alam ini melibatkan penduduk setempat yang berada di Kelurahan Wonorejo sebagai pelaku dalam pengembangan pariwisata sesuai dengan daya dukung daerah. Dengan adanya ekowisata mangrove wonorejo ini sangat membantu perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

Kawasan pantai timur Surabaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, merupakan kawasan konservasi pusat mangrove sebagai penyangga ekosistem pantai yang dilindungi pemerintah setempat. Kawasan tersebut memiliki 140 spesies burung terbesar di pulau Jawa. Sekitar 84 spesies merupakan spesies menetap, 12 spesies dilindungi dan 44 spesies migran. wisatawan semua diajak naik perahu bermula dari Wonorejo, menyusuri sungai sampai ke muara untuk melihat keindahan Hutan Mangrove yang eksotik berikut flora dan fauna khususnya burung di sepanjang pantai Timur Surabaya. Kita baru menyadari bahwa Surabaya Timur mempunyai alam indah yang patut dijaga kelestariannya dan dikembangkan. Setelah berkeliling menikmati pemandangan, kita diajak beristirahat di sebuah Gazebo yg menghadap pantai. Di situ kita dijamu dengan kuliner khas Wonorejo yaitu minuman buah kelapa muda dilengkapi dengan menu makanan Bandeng Bakar Lempung lengkap dengan sambel kacang kecap, Bandeng Sumpit (boneless) dan kare kepiting. Semua menu ini diolah dan dipersiapkan oleh Pak Fathoni, warga setempat.